Translate

Wednesday, May 09, 2012

Yuhendra "Uda Universe"

On publication  seperti berikut:


Yuhendra , “Uda Universe”
Baru di penghujung tahun lalu Yuhendra membuat berita karena menjadi salah satu partisipan pada Mosaic International Summit 2011 yang diadakan di Doha, Qatar. Sekarang, Uda Kota Padang 2004 itu kembali membuat kejutan dengan prestasi lainnya yakni meluncurkan sebuah novel yang diberi judul “Uda Universe”.

“Iya nih, novel perdana saya akhirnya selesai juga dan sudah diterbitkan,” kata pemilik panggilan Hendra  itu  belum lama ini.

Menurutnya, “Uda Universe” sebenarnya bukan buku pertama yang sudah diterbitkan. Thesis S2-nya di Rotterdam, Belanda dulu juga dilirik oleh penerbit asing dan telah diterbitkan oleh penerbit ternama di Jerman. Sekarang kedua karyanya itu bisa didapatkan dengan cara membeli online alias lewat internet. Lewat internet?

“Ya, untuk thesis bisa diakses di Amazon.com, salah satu situs penjualan buku terbesar di dunia maya, sedangkan untuk novel, bisa diakses di www.leutikaprio.com atau pesan visa sms ke nomor 082138388988,” jelasnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan kalau thesisnya yang risetnya dilakukan di Rotterdam itu diminta untuk diterbitkan. Sedangkan untuk novel, sengaja dijual secara online karena diterbitkan atas biaya sendiri.  Cerita yang katanya sudah tersimpan sekitar tiga tahun di laptop-nya itu harus segera diterbitkan karena kalau lama dipendam akan menghambat ide barunya untuk menulis kisah baru lainnya.

“Menunggu jawaban dari penerbit yang bisa hingga enam bulan atau setahun akan mematahkan semangat saya untuk menulis. Ya udah mending terbitin aja dulu yang ini. Yang berikutnya, kalo menunggu pun gak apalah. Intinya adalah saya tidak harus menunggu kesempatan buku saya mesti terbit secara massal, namun sayalah yang harus membuka kesempatan itu buat diri saya sendiri,” alasan pria yang sekarang  menjadi dosen dan motivator pada seminar dan kegiatan pengembangan diri.

Dari berbagai prestasi lokal hingga global, Hendra seolah membuktikan ucapannya soal menciptakan kesempatan itu. Dan lewat novelnya, Uda Persahabatan Sumbar 2004 itu seolah menegaskan bahwa eksistensi dan prestasi-nya tidak berhenti di dunia Uda dan Uni saja. (*)

No comments: