Translate

Friday, January 18, 2013

Puasa Sehat


Mungkin banyak juga yang tahu kalo Puasa selain meningkatkan nilai spiritualitas kita juga bagus buat kesehatan. Nah, ini nih yang mesti dipahami. Biar setelah berlapar-lapar puasa selama satu bulan, badan jadi makin sehat dan bugar dan jadi tambah keren.
Yamg pasti nih, puasa itu merupakan salah satu metode efektif detoksifikasi, pembersihan dan detoksifikasi meningkatkan proses alami pengeluaran racun dari dalam tubuh kita. Untuk pembersihan diri dari sisi fisik ini bisa berarti secara harfiah, yaitu membersihkan tubuh dari bahan-bahan sisa dan penyakit pada tubuh. ''Secara praktis, puasa memperbaharui kehidupan manusia, yaitu membuang sisa makanan yang telah lama mengendap dan menggantikannya dengan yang baru,'' kata ahli gizi, Marzuki Iskandar.
Sementara itu menurut indospiritual.com, puasa selama 30 hari, sekitar 90 % racun-racun dalam tubuh akan terkuras keluar. Proses detoksifikasi berlangsung efektif jika pada saat berbuaka kita tidak "balas dendam" melampiaskan rasa lapar dengan menyantap berbagai makanan langsung dengan jumlah besar.
Nah, selain itu bagi cewek-cewek yang merasa bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk diet dan menurunkan berat badan, lapar mata juga kudu diperhatikan. Ketika berbuka, kita emang dianjurkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis sebagai pengganti ion dan cairan tubuh yang hilang sehingga, tubuh yang lemah menjelang berbuka dapat kembali segar. Cuma, prasyaratnya, jangan berlebihan dalam sahur dan berbuka. Kebiasaan menaruh dendam saat berbuka setelah seharian penuh puasa akan menimbulkan penyakit seperti obesitas yang merupakan penyakit yang paling sering diderita manusia nomor wahid dan penyebab utama penyakit jantung. Nah, gimana mau diet, kalo pola makannya udah mendahulukan lapar mata. Bukannya jadi langsing dan sehat, malah jadi lebih gemukan.
Adalah Rasulullah Saw berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air. (HR. Ahmad, Abu Daud, Baihaqi, Hakim, Ibn Sunni, Nasai, Daruquthni dan lainnya)
Well, mungkin berat juga kalo nyobain buka puasa ala Rasulullah. Sangat dianjurkan berbuka secara bertahap dan tetap menjaga asupan cairan serta makan banyak buah dan sayuran. Konsumsi Natural Chlorophyllin secara rutin akan sangat membantu proses detoksifikasi puasa..

No comments: