Translate

Thursday, January 24, 2013

English Room

Minggu lalu, saya berkesempatan ngomong-ngomong dengan sepasang turis asing. Selain teman-teman dan kenalan bule, rasanya udah lama banget gak bicara bahasa Inggris dengan wisatawan manca negara dalam hal Indonesia dan pariwisata. Kesempatan itu datang secara kebetulan ketika saya dalam perjalanan Padang dan Bukittinggi.
Hal yang menarik dalam pembicaraan kami adalah keluhan pasangan bule asal Austria tersebut tentang sulitnya berkomunikasi. Mereka membandingkan Indonesia dengan India dan Malaysia dimana bahkan anak-anak bisa diajak berbicara dalam bahasa internasional sehingga memudahkan mereka dalam banyak hal.
Bahasa Inggris bagi orang Indonesia masih dianggap sebagai bahasa yang sulit. Dari dulu, perkembangan pemakai bahasa Inggris masyarakat masih belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Selain banyaknya kursus, padahal bahasa Inggris saat ini sudah diajarkan sejak SD bahkan TK.
Lantas masalahnya dimana? Saya pikir, selain kurangnya motivasi dan sistem pendidikan, metoda pengajaran Bahasa Inggris masih belum mampu menaikkan kualitas berbahasa Inggris banyak orang yang mempelajarinya. Walaupun pelajaran di sekolah dan bimbingan belajar makin intens menerapkan sistem baru, namun hasilnya masih sebatas kemampuan di atas kertas. Umumnya, peserta didik diarahkan untuk bisa menjawab soal-soal ujian dan ulangan saja yang ujung-ujungnya kemapuan verbal mereka tidak terasah.
Menyadari hal itu, sejak beberapa bulan lalu saya mendirikan kursus bahasa Inggris di Bukittinggi yang tujuannya meningkatkan kualitas keahlian berbahasa Inggris pelajar, mahasiswa dan umum. Kursus yang dinamakan “English Room” itu merupakan program rancangan saya untuk mengembangkan sumberdaya manusia sebagai implementasi usai mengikuti konferensi internasional di Qatar akhir tahun lalu.
Pengalaman pernah belajar di luar negeri membuat saya menerapkan pendekatan personal kepada para peserta ajar di English Room. Dengan Jumlah kelas yang dibatasi dan penerapan sistem “curhat” akan membuat siswa menjadi lebih berani mengekspresikan pemikiran mereka dalam bahasa Inggris. Targetnya adalah, siswa tidak hanya bisa menulis, berbicara tapi juga berfikir dalam bahasa Inggris.
Sisi lain yang ditawarkan adalah kursus ini adalah nilai lebih dari sebuah pendidikan. Lewat topik, materi dan bahan ajar siswa akan diarahkan untuk melihat nilai positif dari kehidupan sehingga diharapkan sudut pandang mereka juga luas dalam melihat berbagai persoalan dengan cerdas dan manusiawi.
Untuk informasi dan pendaftaran, bagi kamu yang punya motivasi tinggi dan ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu di English Room bisa meghubungi saya lewat email yuhendra28@gmail.com . Dengan Bahasa Inggris, jadilah generasi lokal untuk gebrakan global.

No comments: