Translate

Thursday, January 24, 2013

“Terus gue mesti bilang ‘Wow’ gitu?”

Siapa sih yang tidak ingin berhasil dan sukses dalam hidup? Dan siapa pula yang mau gagal dan jatuh dalam tiap usaha? Keberhasilan dan kegagalan ibarat dua sisi mata uang dalam hidup. Kalau tidak berhasil ya mungkin gagal. Karena hidup tidak pernah datar-datar saja. Hanya orang yang tidak ngapa-ngapain yang hidupnya gitu-gitu aja. Dan “orang dangkal” seperti ini jumlahnya cukup banyak, pikirannya cenderung negatif dan berbuat pada hal-hal permukaan doang.
“Orang dangkal” emang gampang ditemuin. Biasanya orang-orang seperti ini tidak banyak berbuat untuk peningkatan potensi dirinya. Gaya sih boleh aja selangit, namun usaha pengayaan dari dalam diri tidak ada. Mereka kurang kompetitif dan suka sinis melihat keberhasilan rang lain. Dan kalau ada orang-orang lain yang sukses berkarya, dengan santainya mereka akan berujar “Terus gue mesti bilang ‘Wow’ gitu?”.
Ujaran “Terus gue mesti bilang ‘Wow’ gitu?” yang emang lagi happening saat ini bukan sekedar candaan loh. Ada yang menggunakannya sambil bercanda dan memang dalam konteks guyonan namun juga ada yang dalam situasi sebenarnya. Bagi kelompok dangkal yang cenderung punya sikap sirik istilah “Terus gue mesti bilang ‘Wow’ gitu?” tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka menyikapi keberhasilan orang lain dengan sikap negatif.
Kalo kita perhatikan ucapan “Terus gue mesti bilang ‘Wow’ gitu?” tidak hanya diekspresikan dalam bahasa lisan aja loh.Lewat sikap dan perbuatan ucapan tersebut juga bisa kita baca. Sikap ini biasanya ditunjukkan dengan bahasa tubuh yang tidak peduli, tatapan sinis, cibiran, hingga perbuatan yang tidak menyenangkan. Sedangkan dalam bahasa verbal, bisa diterjemahkan ke ucapan “emang gue pikirin” (yang dulu juga sempat populer), “bukan urusan gue”, atau “masa bodoh” dan istilah lain yang bernada sama.
Baiklah, kita memang tidak boleh terlalu judgmental. Toh bagi orang-orang positif ucapan seperti itu gak akan berpengaruh. Dikomenin atau gak, mereka akan tetap hidup dan terus berkarya. Hidup tidak akan maju kalo hanya dengarin komen negatif orang.
Bagi yang suka bersikap negatif, emang gak perlu bilang “Wow” atas keberhasilan orang atau gak perlu berucap apa-apa. Yang lebih penting adalah berbuat memperbaiki diri. Biar orang bisa bilang “Wow” pada kalian.

No comments: