Translate

Monday, January 07, 2013

Jika Kamu Baralek Nanti

Pernah gak, kamu ngerasa bete saat jalan kamu terhambat. Trus kamu berupaya nyari-nyari jalan alternatif. Terkadang, jalan alternatifnya justru lebih jauh dan macet pula. Yang bikin bete, jalan kamu itu justru terhambat karena alek atau pesta perkawinan orang.
Barangkali gak sekali dua kali kita ngeliat ada orang yang pesta yang tempatnya memakan jalan umum. Dan akhir-akhir ini gak cuma akhir pekan saja kondangan diadakan, bisa saja antara hari senin hingga Jumat. Itu artinya kegeraman bisa makin meningkat, karena jalan dipotong saat hari sibuk.
Well, baralek adalah hak semua orang. Banyak sih yang mau mengadakan pesta besar-besaran usai akad nikah. Bisa informasiin kalo udah gak lajang lagi, bisa nunjukkin pasangan yg oke, bisa mengundang ratusan keluarga, teman dan relasi, bisa mamerin pakaian dan penampilan terbaik, bisa show off lah intinya.
Cuma, pamer sih pamer. Namun jangan sampai ngerugiin orang dengan memblokir jalan. Yang liat ngeliat ada segala kelebihan pesta kan cuma segelintir orang, tapi yang ngerasain penderitaan jalan dihambat lebih banyak lagi. Yang ngasih ucapan selamat hanya tamu undangan, tapi yang (barangkali) ngasih umpatan bisa jadi lebih banyak lagi.
Kebayang gak sih, di hari bahagia bukan hanya angpau dan doa yang terima, tapi juga umpatan dalam hati? Sah-sah saja dapat ijin dari pejabat makai jalan buat perhelatan, tapi ijin pejabat belum tentu mewakili ijin pengguna jalan.
So, jika kamu baralek nanti coba deh mikirin lagi betapa tidak enaknya jalan kamu dihambat sehingga kamu berfikir ulang untuk maksa ngadain pesta dengan menghambat jalan orang lain pula. Jika kamu baralek nanti, paling tidak kamu harus menjadikan hari itu adalah hari bahagia, sehingga orang lain ikut pula bahagia. Jika kamu baralek nanti, tidak hanya enak sama kamu, tapi enak juga bagi orang yang gak diundang.

No comments: