Translate

Friday, January 18, 2013

Ramadan, Sekarang dan Selamanya


Alhamdullilah, Ramadan kembali tiba. Bulan penuh suci nan penuh berkah. Raja dari segala bulan karena menjadi momen yang sangat agung dimana Allah -ta'ala- melipat gandakan pahala setiap hamba yang beramal, dan membukakan pintu-pintu kebaikan.
Biasanya nih, hari-hari pertama bulan Ramadan gini kita semangat banget buat ngejalanin segala ibadah puasa. Segala janji dan niat baik udah dimatangkan dalam hati. Kita berharap bulan Ramadan kali ini benar-benar menjadi bulan peluruh dosa-dosa yang udah kita buat.
Nah, biasanya lagi nih, semangat puasa dan niat-niat baik itu udah mulai kendor pada minggu kedua, ketiga bahkan keempat. Mau bukti atau mau jujur? Liat aja pada hari-hari pertama Ramadan, mushala dan mesjid ikut diramaikan anak muda atau remaja. Saking semangatnya nih, bahkan tempat-tempat ibadah tersebut penuh sampai keluar.
Tapi coba aja liat setelah beberapa malam tarwih berlalau, mushala dan mesjid mulai sepi. Ada sih yang berangkat dari rumah bawa, sarung, sajadah dan mukena. Tapi arahnya dah mulai lain. Kalo gak nongkrong ke kafe, paling ke mall. Atau yang lebih parahnya ke rumah pacar!!
Nah tuh, udah jelas beda kan dari niat semula. Padahal niat awalnya udah baik. Tapi kenapa aja niat baik itu dilanggar?
Yang pasti nih, kalo udah niat mau berbuat baik selama Ramadan ya harus dijalanin. Nah, kalo udah dijalanin ya mesti diterusin.
Ingat loh, Ramadan itu gak cuma baik buat spiritual kita tapi juga buat kesehatan kita; jasmani dan rohani. Selama bulan puasalah kita bisa melatih diri untuk bisa mengendalikan hawa nafsu, selama bulan puasa pulalah kita lebih reljius.
Makanya, kalo sudah niat dari awal dan dijalankan dengan benar, Insyaallah deh, kita bakalan sehat secara jasmani dan rohani. Dan segala kebaikan itu pula yang akan kita bawa dan lakukan selepas Ramadan. Pokoknya, selalu berbuat baik, selama Ramadan, nanti dan selamanya.

No comments: