Translate

Friday, January 18, 2013

Tekad yang tidak Bulat


Pernah ngerasa gak bisa langsung tidur meski badan udah tergolek letih di pembaringan? Mutar kiri kanan namun mata tetap saja gak bisa terpejam. Bukan karena insomnia tapi emang karena banyak yang dipikirin.
Biasanya nih... ada aja memori memenuhi otak yang membuat kita terjaga. Persoalan demi persoalan yang dilalui seharian; kena marah ama dosen, bertengkar ama pacar, janji yang tak ditepati dans eabrek lainnya.Kalo udah gitu, niat kita pun bulat untuk menyelesaikan masalah keesokan harinya. Berbagai rencana disusun. Tiap langkah dengan detail tersusun rapi.Tidak cuma persoalan sehari, kadang kita juga merancang langkah untuk masa depan. Ada aja niat dan resolusi terbersit di kepala. Intinya, setelah bangun tidur hidup harus lebih baik.
Sayang, setelah kita bangun, kadang kita selalu lupa dengan apa yang direncanakan semalam. Kita kembali terlena dengan persoalan baru yang kita rangkai sendiri. Persoalan yang biasanya berulang dan itu-itu juga.
Sebuah situs akuinginsukses.com memberikan beberapa tips bagaimana kita bisa tidak kembali melakukan kesalahan dan kebiasaan buruk yang sama. Sehingga niat baik sebelum tidur akan betul-betul berhasil. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
Pertama Jangan terlalu perfeksionis. Orang yang perfeksionis akan cenderung menghindari berbuat kesalahan. Akibatnya mereka tidak berani mencoba, sehingga tidak ada kesempatan buat belajar. Kedua, jangan membuang waktu dengan mencari pembenaran. Pembenaran adalah bukti dari besarnya ego, sehingga kita cenderung mencari alasan lain mengapa kita berbuat salah tanpa ada kesempatan mengkoreksi diri atas apa yang telah kita lakukan. Ketiga, pahami mengapa kesalahan bisa terjadi. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, sehingga kita bisa memahami akar permasalahan yang sudah dibuat. Keempat, hindari mengulangi kesalahan yang sama. Ini sangat penting, karena biasanya kesalahan kalau sudah jadi kebiasaan akan dianggap sebagai suatu kewajaran. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, tidak ada cara lain, kita harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini membutuhkan usaha super. Bagaimanapun, semakin cepat bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat terhindar dari kesalahan yang sama.
Namun yang penting dari semua itu, perlu disadari kesalahan adalah kesempatan untuk belajar. Ada proses di dalamnya. Namun, dengan adanya niat sebelum tidur atau kapanpun, akan menjadikan kita sadar bahwa kita akan menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, perlu diperhatikan juga, jangan cuma niatnya aja trus keesokan harinya ketika sudah bangun kita justru kembali ke rutinitas yang tidak membuat kita berubah menjadi lebih baik.

No comments: