Translate

Thursday, September 20, 2012

Something Like Ayu Ting Ting

Saat ini bintang pedangdut Ayu Ting Ting tengah bersinar terang. Lagu ‘Alamat Palsu’-nya sedang happening, sering dinyanyikan di setiap acara musik maupun komedi di layar kaca dan angkot tentunya. Kehadiran sebagai bintang tamu di jagad entertainment dan infotainment seakan menyita perhatian. Ayu Ting Ting memang sedang booming.

Tidak dipungkiri, banyak yang kepengen seperti Ayu Ting Ting. Bukan dalam artian sempit sebagai seorang selebriti, namun mencapai kesuksesan layaknya si Ayu saat ini. Ayu yang dulunya hanya anak kampung dan sering dicemooh karena menyanyi dangdut, sekarang bisa meraih impian menjadi artis terkenal dan melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan hati. Bukankah salah satu kebahagian itu ketika kita berhasil meraih impian? Maka, jadilah Ayu sebagai seorang idola inspiratif baru.

Ayu bukanlah satu-satunya ikon yang bisa dijadikan sumber inspirasi. Jauh sebelumnya, banyak selebriti yang dulu kelas kampung berubah nasibnya menjadi bintang besar. Di jagad wirausaha banyak nama yang dulunya bukan siap-siapa menjelma menjadi orang yang kaya raya. Bacaan memuat kisah inspiratif para tokoh yang dulunya bukan siapa-siapa sekarang menjelma menjadi seseorang laku karena layak ditiru.
Perjalanan hidup saya yang penuh warna, langgganan beasiswa semasa kuliah, dinobatkan menjadi duta wisata, ke luar negeri karena beasiswa, pernah bekerja di lembaga asing dan sebagainya juga sering dianggap sesuatu yang inspiratif. Saya barangkali belum siapa-siapa. Namun ketika beberapa kali ditanya, kunci keberhasilan meraih impian saya, ada terbersit rasa bangga. Dan itu memang sesuatu yang patut untuk dibagi.

Siapa saja punya mimpi, namun sedikit yang mempercainya sehingga mimpi itu kemudian hilang begitu saja tergantikan dengan rutinitas yang membebani keseharian. Klise memang namun itulah faktanya. Kita sering lupa impian sewaktu kecil, karena kita lupa menanamkan benih untuk meraih impian-impian itu. Akibatnya, mimpi itu hanya menjadi kenangan belaka.

Sukses meraih impian adalah milik siapa saja. Bukan milik Ayu Ting Ting, konglomerat Ciputra yang dulu juga pernah hidup seadanya, Kolonel Sanders yang sempat DO dari sekolah dasar namun berhasil merajai dunia dengan bisnis ayam gorengnya, atau siapapun yang berhasil di luar sana.

Keberhasilan dan kesuksesan itu bisa diraih jika setiap orang berkomitmen untuk mengikuti prinsip-prinsip sukses, menghancurkan belenggu yang muncul. Jika seseorang memutuskan untuk berhasil, mereka akan maju menuju keberhasilan; tidak pernah melihat ke belakang. Tidak ada cara lain untuk meraih sukses, selain berbuat. Kapan? Mulailah menanam benih untuk keberhasilan itu dari sekarang.

No comments: