Translate

Wednesday, September 18, 2013

Beban Nama

Abdul Qadir Jaelani adalah salah seorang tokoh Islam terkemuka di dunia.  Beliau adalah syekh yang sangat dihormati oleh ulama Sunni dan ulama Sufi. Di usia belia, dia sudah meninggalkan kampungnya untuk menuntut ilmu dan pada akhirnya menjadi tempat untuk menimba ilmu.

Abdul Qadir Jaelani adalah nama yang dipakai oleh musisi Ahmad Dhani untuk putra bungsunya. Barangkali dengan menamakan putranya nama tokoh besar muslim di atas, Dhani berharap anaknya akan mewarisi keluhuran dan nilai-nilai baik ulama sufi di atas. Sayang, si bungsu yang dipanggil Dul itu sekarang terkena masalah.

Ahmad Dhani bukan satu-satunya orang tua yang menamakan anaknya dengan nama-nama Islami dengan arti dan makna mulia. Dalam keseharian kita sering bertemu dengan anak-anak, teman-teman atau orang-orang yang namanya bernuansa agamis tersebut. Bahkan belakangan mereka cukup banyak, membuktikan tidak sedikit orang tua berharap anak-anaknya menjadi seperti nama yang diberi.

Sayangnya, dari sekian orang bernama  bagus-bagus tersebut, tidak sedikit dari mereka berperangai sebaliknya. Ada Fathanah yang cerdas menipu, seorang bernama Luthfi yang kelembutannya justru merugikan, demikian pula Amin yang tidak amanah. Banyak pula kita lihat berbagai nama dilengkapi nama nabi yang sifatnya dan perilakunya berbeda seratus delapan puluh derajat dengan sifat nabi.

Tidak ada yang salah ketika orang tua menitip doa lewat nama. Namun salah jika nama - terlebih bernuansa agama - hanya dilekatkan begitu saja. Tidak ada upaya dari orang tua mengarahkan anak-anaknya seperti nama yang mereka berikan. Kalau hanya berharap suatu saat anak akan baik sebaik namanya tanpa diiringi tuntunan yang baik pula, maka nama besar itu tidak akan ada artinya. 

Tapi bukan salah orang tua semata jika perilaku bertolak belakang dengan nama. Ada kesempatan untuk selalu menjalani doa yang ada pada nama. Ketika beranjak dewasa dan berakal, pemilik namalah yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga namanya. Tanpa ada upaya berlaku baik sesuai kebesaran nama itu, alamat nama baik akan ternoda.

No comments: