Translate

Friday, December 13, 2013

Trip to Hong Kong


Saya menulis artikel kali ini sepekan lalu. Tulisan ini memang harus saya cepat saya siapkan karena saya akan melakukan perjalanan ke luar negeri Hongkong. Jadi saat tulisan ini sudah jadi dan berada di tangan pembaca, itu artinya saya sedang berada di salah satu negera koloni Inggris tersebut.

Saat (menulis) ini saya memang belum melihat langsung bagaimana Hongkong sebenarnya. Sedikit sekali pengetahuan saya tentang negara yang menurut terjemahan kata berarti "Pelabuhan Wangi" tersebut. Adapun kisah tentang Hong Kong sebenarnya, akan saya bagi buat pembaca nantinya.

Bagi saya setiap perjalanan, terlebih perjalanan ke luar negeri adalah kesempatan yang sangat jarang. Walau pernah mengenyam pendidikan di Eropa dan tinggal dalam waktu yang cukup lama di sana tapi itu adalah kesempatan yang sangat langka. Demikian pula perjalanan kali ini. 

Maka, dengan kesempatan yang tidak sering tersebut, saya selalu menjadikan setiap perjalanan (kemanapun) sebagai halaman-halaman buku yang harus dipelajari. Sesuai dengan falsafah "alam takambang jadi guru", saya harus menyerap nilai-nilai dari setiap apa yang saya lihat di negeri orang.

Prinsip belajar dari alam ini yang juga seharusnya dimiliki pejabat, anggota dewan perwakilan rakyat atau siapapun yang berkesempatan mengunjungi tempat baru. Banyak orang yang punya peluang bisa bepergian ke daerah-daerah baru, tapi sedikit sekali yang membawa ilmu. Mereka kembali hanya dengan oleh-oleh dan cerita senangnya berpelesiran. Sisanya, hanya untuk mereka saja. Tidak ada ilmu dan tindakan yang mereka tularkan untuk mengubah kampung halaman sebaik negeri yang disinggahi. 

Kita jadi miris melihat pejabat dan wakil rakyat yang silih berganti ke luar negeri. Namun, perubahan untuk memeperbaiki negeri sendiri masih jauh panggang dari api. 

Maka, ekspektasi perjalanan ke Hong Kong saya kali ini adalah bukan hanya sekedar menikmati pemandangan dan melihat lokasi baru, melainkan bagaimana saya bisa membagi ilmu yang saya dapat. Saya berharap, cerita saya itu nanti akan menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk memperbaiki negeri ini.

No comments: